UPAYA
MELESTARIKAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA
DI
INDONESIA DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERVARIASI
SISWA
KELASIV SD NEGERI BUDI AJI
KECAMATAN SIMPANG PEMATANG
KABUPATEN
MESUJI
HADI
WALUYO
NIM
;824992066
S1 PGSD Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka
Abstrak
Upaya
peningkatan keaktipan siswa dan hasil belajar tentang Melestarikan Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya
di Indonesia dengan metode Pembelajaran Bervariasi untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS). Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas IV ini dilaksanakan dalam 2 siklus sesuai
dengan tingkat keberhasilan yang dicapai oleh fokus penelitian. Dalam setiap siklusnya
dilaksanakan satu tindakan . Dimana dalam tindakannyadi wujudkan dalam kegiatan
belajar mengajar dalam satu pertemuan 2x30 menit Penelitian tindakan kelas yangdilaksanakan
dalam 2 siklus ini setiap siklusnya terdiri dari perencanaan obsevasi dan refleksi.
Pada siklus1 hasil belajarsiswa meliputi aspek
kgnetip,efektip,dan psikomotor.Mencapai nilai rata-rata cukup baik dan
pada siklusII hasil belajar siswa yang meliputi aspek tersebut cukup
memuaskan.Hal ini menunjukkan peningkatan .dari pada siklus1 dengan menggunakan
media Lingkungan Sekolah ,guru lebih mudah dalam menyampaikan materi
pembelajaran ,karenaanak akan lebih tertarik dan antusias.Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui peningkatan partisipasi belajarsiswa pada mata
pelajaran IPS dengan menggunakan media pembelajaran Bervariasi siswakelas IV SD Negeri 0I Budi
Aji tahun ajaran 2015-2016 .Dengan penelitian
tindakan kelasini diharapkan menunjukkan adanya peningkatan partisipasi
belajarIPS .Pada siklus1 ,partisipasi siswamencapai 62,9% dan meningkat 8,%
padasiklus ke II .Dilihatdari hasil belajarsiswa ,ketuntasan belajar pada
siklus1 sebanyak 73,7% kemudian pada siklus II 78,7%terjadi kenaikan yangcukup
signifikan .Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran denga
metode bervariasi denga media pembelajaran
IPS dapat meningkatkan partisipasi beljarsiswa yang meliputi semangat
belajar siswa,peningkatan kegiatan pembelajaran ,seta peningkatan ketuntasan
belajar siswa.
Kata
kunci : Pembelajaran bervariasi ,media pembelajaran sangat mendukung belajar
siswa.
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Mata pelajaran IPS
bagi siswa yang di beri judul Upaya Melestarikan Keragaman Suku Bangsa Dan Budayaya
di Indonesia dengan metode pembelajaran yang bervariasi adalah mata
pelajaran yang masuk dalam kelompok mata pelajaran yang berbobot .Seperti di
ketahui mata pelajaran di SD sehingga pengusaan kompetensi yang telah di
tetapkan menjadi persyaratan kenaikan tingkat.
Dalam
menciptakan kondisi belajarmengajar sedikitnya ditentukan lima hal sebagai
berikut:
1.
Pembelajaran dapat menarik minatdan
perhatian siswa.
2.
Dengan belajar mengajar melibatatkan
siswa secara aktip.
3.
Dapatmembangitkan siswa secara aktip.
4.
Adanya alat peraga dalam pengajaran.
Prosesbelajar
mengajar yang berorentasi pada keberhasilan atau pun tujuan aktvitassiswa
sangat diperlukan .Sebab siswa sebagai subyek didik yang merencanakan dan
melaksanakan belajar dengan bimbingan guru .Siswa harusmempuyai latar
pendidikan yang berkualitas.
Dalam
pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)pada SD Negeri Budi Aji
Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji.,menunjukkan bahwa sebagai besar
siswa tampak kurang bergairah dan cenderung tidak aktip .Hal ini menadakan
pembelajaran padamata pelajaran tersebut
perlu diadakan pembenahan atau evaluasi ulang.
Siswa
menunjukkan sikap yang kurang antusiasketika pembelajaran berlangsung
,rendahnya respon umpan balik dari siswa terhadap pertanyaan dan penjelasan guru
sertapemusatan perhatian yang kurangdari siswa selain itu hasil belajaryang
sangat mengecewakan dan tidak sesuai dengan Ketuntasan Kreteia Minimal (KKM)
Kurang nya
motifasi siswa terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS)dikarenakan
metode pembelajaran yang sangat monoton dan para guru masih sangatdominan
.Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan yang aktip,kreaktip dan inovatip yang
dapatmembuat pembelajaran menjadi menarik dan di sukai oleh siswa sehingga
motivasi dan hasil belajar meningkat ,Guru perlu melakukan sedikit perubahan yang berorentasi dalam mengajar
atau pun menggunakan metode-metode yang unik ,agar siswa tidak bosan dan mudah
di terima.
Meningkatkan
motivasi dan prestasi belajarsiswa dapatdilakukan dengan berbagai upaya ,salah
satunyaadala dengan variasi pembelajaran yang direalisasikan dalam bentuk
perbaikan pembelajaran .Dengan model pembelajaran tersebut memungkinkansiswa
dapatbelajarlebih rileks .Disamping menumbuhkan tanggung jawab kerja sama
,persaingan sehatketerlibatan belajar,sehingga jiwa siswa merasa senang dan
materi yang dipelajari melekat pada benaknya.
METODE
A.
Subyek,
Tempat, dan Waktu Penelitian.
Subyek penelitian tindakan kelas IV SD Negeri Budi
Aji yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa
perempuan .Siswa kelas IVSD sebagian besarberasal dari petani ,jarak rumah
siswa dengan sekolah sangat dekat ,karenapara siswa berasal dari desa
tersebut,sehinggatidak ada kendala tentang transpotasi siswa.
Penelitian ini
dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri yang berlokasi di Desa .Lokasi penelitian
yaitu kelas IV di laksanakan mulai tanggal 21 nopember2015 sampai dengan 24
nopember 2015 tahun pelajaran 2015-2016.
Penelitian
tindakan kelas ini di lakukan dalam 2 siklus.setiap siklusmeliputi tahap
perncanaan .pelaksanaan ,pengamatan ,serta refleksi.Tiap siklusdilaksanakan
sesuai dengan petunjuk peningkatan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran
.Pada siklus 1 kegiatan perencanaan meliputi Pemahaman Keragaman Suku Bangsa
.Pentingya menjaga persatuan dalam keragamaman ,bentuk-bentuk keragaman suku
bangsa dan budaya,serta adat dan kebiasaan di masyarakat.
Pengamatan
dilakukan selama pelaksanaan tindakan dengan menggunakan lembar soal
yangtelahdisediakan .Terlihatsiswa masihbelum sepenuhnya dapatmenerima media
yangdigunakan .Penyampai materi masih terlalu cepat ,serta banyak siswa
yangbelum sepenuhnya menguasai penggunaan alat peraga.
Refleksi atas
pelaksanaan siklus 1 masih perlu di lanjutkan ke siklus 11 karena belum
terlihat peningkatan siswa dalam pembelajaran .
Pada siklus ke
11 kegiatan belajarmengajarmeliputi;pembelajaran denga alatperaga gambar burung
gauda.Pelaksanaan tindakan kelas di laksanakan pada pertengahan nopember 2015
Pengamatandilakukan
selamatindakan dengan menggunakan alat peragayang telah di siapkan .Terlihat
siswa mulai dapatmenerima mediayang digunakan Penyampaian materi sudah mulai
sesuai dengan kemampuan siswa.
Berdasarkan
hasil refleksi ataspelaksanaan siklus 1 masih perlu di lanjutkan ke siklus11
karenameskipun telah terlihahatperubahan positip partisipasi siswa dalam
pembelajaran .Ketuntasan belajar siswa belum memenuhi indicator.
Pada siklus ke
11 kegiatan belajar mengajar menerangkan penting nya persatuan dalam
keragaman.Pelaksanaan tindakan pembelajaran di laksanakan pada akhiroktober dan
awal nopember 2015
Pengamatan
dilakukan selama pelaksanaan tindakan kelas berlangsung dengan menggunakan
lembar jawaban yang disiapkan .Terlihat siswa sudah dapatmenerima media yang di
gunakan .
Penyampaian
materi sudah sesuai dngan kemampuan siswa dan sudah di pahami siswa sepenuhya.
CARA PENGEMBAGAN DATA
Data kehadiran
siswa yang berupa buku absensi siswa,pengambilan datanya dengan melihat
kehadiran siswa ,kelompok kelas pada saatpenelitian tindakan di lakukan.
Data hasil
belajarsiswa diambil dengan menggunakan evaluasi ,tugas yang menjadi kewajiban
siswa .Menggunakan formatyang sudah tersedia dengan pertimbangan bobot pada
masing-masing item.Dalamproses belajar mengajardanproses belajar diambil dengan
pedoman observasi.Melihatdan mengamati selama penelitian tindakan di lakukan
.Menyangkut susanakelas,serta partisipasi siswa selama pembelajaran
berlangsung.
Data yang telah
terkumpul kemudian di analisis,diskriptif,baik diskritif kualitatip dan
kuantitatip .Data kehadiran siswa yangterdapat buku absensi siswa dianalisis
dengan menghitung prosentase kehadiran siswa pada saattindakan di lakukan .
Data hasil
belajarsiswa dibedakan menjadi dua jenis yaitu ;
1.
Hasil penyelesaian ,tugas dan ketuntasan
belajar secara klasikal.
2.
Dataini di analisis dengan
analisisdiskriptif kuantitatip dengan menghitung prosentase.
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Partsipasi Siswa
A.
Hasil Penelitian
Penelitian
perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran
2015-2016 termasuk persiapan dan pelaporan secara rinci terbagi dalam 3 tahap
yaitu;
1.
Masa persiapan selama satu pecan.
2.
Masa pelaksanaan selamadua pecan.
3.
Masa penyusunan selama dua pecan.
Data tentang
perencanaan ,pelaksanaan,pengamatan dan repleksi yang penulis dikumpulkan
adalah ;data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif adalah;data yang
digunakan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan motivasi belajar di 20 siswa
.Sedangkan data kualitatif adalah data yang digunakan untuk mengetahui prestasi
hasil belajar dari jumlah 20 siswa .
Adapun data
kuantitatif itu meliputi ;
1.
Aktivitas siswa dalam dinamika kelompok.
2.
Respon positif pada guru.
3.
Kerja sama atau siswa dalam kelompok.
4.
Komunikasi siswa sesama kelompok.
5.
Partisipasi aktif siswa dalam belajar.
Sedangkan data
kualitatif meliputi;
1.
Rata-rata nilai ulangan harian.
2.
Prosentase ketuntasanbelajar.
3.
Rata-rata nilai tugas.
4.
Prosentase nilai pengumpulan tugas.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Secara umum
hasil penelitian tindakan kelasyang berkitan dengan kualitas kegiatan
pembelajaran yang meliputi unsur penglolaan kelas dan penglolaan pembelajaran
dan juga menunjukkan adanya peningkatan atau cenderung lebih baik.
Dari peningkatan
yang terlihatcukup signifikan dalam kegiatan pembelajaran .Dimulai dari siklus1
yangtingkatkegiatan pembelajaran baru mencapai 73,7 persen ,kemudian pada
siklus11 tingkat kegiatan pembelajaran siswa mencapai 78,7 persen.Dengan
peningkatan tingkat kegiatan pembelajaran tersebut diatas sangat
medukung,tercapainya suasana belajaryang kondusip.Akhirnya akan mampu
meningkat.
HASIL BELAJAR SISWA
Hasil penelitian tindakan kelas yang berkaitan
denga hasil pembelajaran yang meliputi unsure kebenaran.Hal ini berkaitan erat
dengan peningkatan semangat belajar siswa dan peningkatan kegiatan
pembelajaran.
Padasiklus1
terdapat 4 orang siswa dari 20 siswa yang belum mendapatnilai 7 .(tuntas,secara
komulatif) ,sehingga ketuntasan belajarklasikal baru .. mencapai maksimal
,siswa belum terbiasa dengan menggunakan media pembelajaran yang di sampaikan
guru.Begitu pula waktu masih terlalu
cepat sehingga perlu dibenahi pada siklus selanjutnya.
Padasiklus ke 11 terjadi peningkatan terhadap jumlah
belajar siswa yang memenuhi ketuntasan belajarmenjadi 18 orang siswa (78,7%)terjadi
sebesar 2,2%.Pada siklus keII ini indicator keberhasilan yang di harapkan .Pada
tahap selanjutnya siswa telah bisa menyelesaikan diri dengan media pembelajaran
yang di kembangkan oleh guru.
SIMPULAN DAN SARAN
Simpulan
Dari hasil
pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat ditarik kesimpulansebagai berikut
:peningkatan partisipasi ,dan aktifitasbelajar siswa pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) dapatdilakukan dengan menggunakan media pembelajaran
.Disamping itu penggunaandengan belajar mengajar dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Saran
Agar partisipasi
belajar dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS),siswa dapat
ditingkakan .Hendaknya siswa lebih berhasil.
DAFTAR PUSTAKA
ASEP HERIY
HERMAWAN.DKK 2006 Pengembangan Kurikulum
dan Pembelajaran. Jakarta Universitas Terbuka
I G A K .WARDANI.DKK2008 .Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta
Universitas Terbuka.
Moh.UZER USMAN
Drs 2002 menjadi Guru Propesional
.Bandung
Tim F K I
P.2011.Penentapan Kemampuan Propesional.Jakarta
.Universitas Terbuka.
SEP HERIY
HERMAWAN.DKK 2006 Pengembangan Kurikulum
dan Pembelajaran. Jakarta .Univwersitas Terbuka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar