Salamat Datang Di Blogscoz Nam Pat

Jumat, 14 Desember 2018

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP)


UPAYA MELESTARIKAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA
DI INDONESIA DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERVARIASI
SISWA KELASIV SD NEGERI BUDI AJI
 KECAMATAN SIMPANG PEMATANG
KABUPATEN MESUJI

HADI WALUYO
NIM ;824992066

S1 PGSD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka

               
Abstrak
Upaya peningkatan keaktipan siswa dan hasil belajar tentang  Melestarikan Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya di Indonesia dengan metode Pembelajaran Bervariasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas IV ini dilaksanakan dalam 2 siklus sesuai dengan tingkat keberhasilan yang dicapai oleh fokus penelitian. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan satu tindakan . Dimana dalam tindakannyadi wujudkan dalam kegiatan belajar mengajar dalam satu pertemuan 2x30 menit  Penelitian tindakan kelas yangdilaksanakan dalam 2 siklus ini setiap siklusnya terdiri dari perencanaan obsevasi dan refleksi. Pada siklus1 hasil belajarsiswa meliputi aspek  kgnetip,efektip,dan psikomotor.Mencapai nilai rata-rata cukup baik dan pada siklusII hasil belajar siswa yang meliputi aspek tersebut cukup memuaskan.Hal ini menunjukkan peningkatan .dari pada siklus1 dengan menggunakan media Lingkungan Sekolah ,guru lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran ,karenaanak akan lebih tertarik dan antusias.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan partisipasi belajarsiswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media pembelajaran  Bervariasi siswakelas IV SD Negeri 0I Budi Aji tahun ajaran 2015-2016 .Dengan  penelitian tindakan kelasini diharapkan menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajarIPS .Pada siklus1 ,partisipasi siswamencapai 62,9% dan meningkat 8,% padasiklus ke II .Dilihatdari hasil belajarsiswa ,ketuntasan belajar pada siklus1 sebanyak 73,7% kemudian pada siklus II 78,7%terjadi kenaikan yangcukup signifikan .Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran denga metode bervariasi denga media pembelajaran  IPS dapat meningkatkan partisipasi beljarsiswa yang meliputi semangat belajar siswa,peningkatan kegiatan pembelajaran ,seta peningkatan ketuntasan belajar siswa.

Kata kunci : Pembelajaran bervariasi ,media pembelajaran sangat mendukung belajar siswa.


PENDAHULUAN
A.                 Latar Belakang Masalah
Mata pelajaran IPS bagi siswa yang di beri judul Upaya Melestarikan Keragaman Suku Bangsa  Dan Budayaya  di Indonesia dengan metode pembelajaran yang bervariasi adalah mata pelajaran yang masuk dalam kelompok mata pelajaran yang berbobot .Seperti di ketahui mata pelajaran di SD sehingga pengusaan kompetensi yang telah di tetapkan menjadi persyaratan kenaikan tingkat.

Dalam menciptakan kondisi belajarmengajar sedikitnya ditentukan lima hal sebagai berikut:
                  1.          Pembelajaran dapat menarik minatdan perhatian siswa.
                  2.          Dengan belajar mengajar melibatatkan siswa secara aktip.
                  3.          Dapatmembangitkan siswa secara aktip.
                  4.          Adanya alat peraga dalam pengajaran.

Prosesbelajar mengajar yang berorentasi pada keberhasilan atau pun tujuan aktvitassiswa sangat diperlukan .Sebab siswa sebagai subyek didik yang merencanakan dan melaksanakan belajar dengan bimbingan guru .Siswa harusmempuyai latar pendidikan yang berkualitas.

Dalam pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)pada SD Negeri Budi Aji Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji.,menunjukkan bahwa sebagai besar siswa tampak kurang bergairah dan cenderung tidak aktip .Hal ini menadakan pembelajaran padamata pelajaran tersebut  perlu diadakan pembenahan atau evaluasi ulang.

Siswa menunjukkan sikap yang kurang antusiasketika pembelajaran berlangsung ,rendahnya respon umpan balik dari siswa terhadap pertanyaan dan penjelasan guru sertapemusatan perhatian yang kurangdari siswa selain itu hasil belajaryang sangat mengecewakan dan tidak sesuai dengan Ketuntasan Kreteia Minimal (KKM)

Kurang nya motifasi siswa terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS)dikarenakan metode pembelajaran yang sangat monoton dan para guru masih sangatdominan .Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan yang aktip,kreaktip dan inovatip yang dapatmembuat pembelajaran menjadi menarik dan di sukai oleh siswa sehingga motivasi dan hasil belajar meningkat ,Guru perlu melakukan sedikit  perubahan yang berorentasi dalam mengajar atau pun menggunakan metode-metode yang unik ,agar siswa tidak bosan dan mudah di terima.

Meningkatkan motivasi dan prestasi belajarsiswa dapatdilakukan dengan berbagai upaya ,salah satunyaadala dengan variasi pembelajaran yang direalisasikan dalam bentuk perbaikan pembelajaran .Dengan model pembelajaran tersebut memungkinkansiswa dapatbelajarlebih rileks .Disamping menumbuhkan tanggung jawab kerja sama ,persaingan sehatketerlibatan belajar,sehingga jiwa siswa merasa senang dan materi yang dipelajari melekat pada benaknya.


METODE
A.           Subyek, Tempat, dan Waktu  Penelitian.
Subyek  penelitian tindakan kelas IV SD Negeri Budi Aji yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan .Siswa kelas IVSD sebagian besarberasal dari petani ,jarak rumah siswa dengan sekolah sangat dekat ,karenapara siswa berasal dari desa tersebut,sehinggatidak ada kendala tentang transpotasi siswa.

Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri yang berlokasi di Desa .Lokasi penelitian yaitu kelas IV di laksanakan mulai tanggal 21 nopember2015 sampai dengan 24 nopember 2015 tahun pelajaran 2015-2016.
Penelitian tindakan kelas ini di lakukan dalam 2 siklus.setiap siklusmeliputi tahap perncanaan .pelaksanaan ,pengamatan ,serta refleksi.Tiap siklusdilaksanakan sesuai dengan petunjuk peningkatan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran .Pada siklus 1 kegiatan perencanaan meliputi Pemahaman Keragaman Suku Bangsa .Pentingya menjaga persatuan dalam keragamaman ,bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya,serta adat dan kebiasaan di masyarakat.

Pengamatan dilakukan selama pelaksanaan tindakan dengan menggunakan lembar soal yangtelahdisediakan .Terlihatsiswa masihbelum sepenuhnya dapatmenerima media yangdigunakan .Penyampai materi masih terlalu cepat ,serta banyak siswa yangbelum sepenuhnya menguasai penggunaan alat peraga.

Refleksi atas pelaksanaan siklus 1 masih perlu di lanjutkan ke siklus 11 karena belum terlihat peningkatan siswa dalam pembelajaran .

Pada siklus ke 11 kegiatan belajarmengajarmeliputi;pembelajaran denga alatperaga gambar burung gauda.Pelaksanaan tindakan kelas di laksanakan pada pertengahan nopember 2015

Pengamatandilakukan selamatindakan dengan menggunakan alat peragayang telah di siapkan .Terlihat siswa mulai dapatmenerima mediayang digunakan Penyampaian materi sudah mulai sesuai dengan kemampuan siswa.

Berdasarkan hasil refleksi ataspelaksanaan siklus 1 masih perlu di lanjutkan ke siklus11 karenameskipun telah terlihahatperubahan positip partisipasi siswa dalam pembelajaran .Ketuntasan belajar siswa belum memenuhi indicator.

Pada siklus ke 11 kegiatan belajar mengajar menerangkan penting nya persatuan dalam keragaman.Pelaksanaan tindakan pembelajaran di laksanakan pada akhiroktober dan awal nopember 2015

Pengamatan dilakukan selama pelaksanaan tindakan kelas berlangsung dengan menggunakan lembar jawaban yang disiapkan .Terlihat siswa sudah dapatmenerima media yang di gunakan .
Penyampaian materi sudah sesuai dngan kemampuan siswa dan sudah di pahami siswa sepenuhya.



CARA PENGEMBAGAN DATA

Data kehadiran siswa yang berupa buku absensi siswa,pengambilan datanya dengan melihat kehadiran siswa ,kelompok kelas pada saatpenelitian tindakan di lakukan.

Data hasil belajarsiswa diambil dengan menggunakan evaluasi ,tugas yang menjadi kewajiban siswa .Menggunakan formatyang sudah tersedia dengan pertimbangan bobot pada masing-masing item.Dalamproses belajar mengajardanproses belajar diambil dengan pedoman observasi.Melihatdan mengamati selama penelitian tindakan di lakukan .Menyangkut susanakelas,serta partisipasi siswa selama pembelajaran berlangsung.

Data yang telah terkumpul kemudian di analisis,diskriptif,baik diskritif kualitatip dan kuantitatip .Data kehadiran siswa yangterdapat buku absensi siswa dianalisis dengan menghitung prosentase kehadiran siswa pada saattindakan di lakukan .

Data hasil belajarsiswa dibedakan menjadi dua jenis yaitu ;

               1.            Hasil penyelesaian ,tugas dan ketuntasan belajar secara klasikal.
               2.            Dataini di analisis dengan analisisdiskriptif kuantitatip dengan menghitung prosentase.


HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Partsipasi Siswa
A.           Hasil Penelitian
Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2015-2016 termasuk persiapan dan pelaporan secara rinci terbagi dalam 3 tahap yaitu;
                    1.            Masa persiapan selama satu pecan.
                    2.            Masa pelaksanaan selamadua pecan.
                    3.            Masa penyusunan selama dua pecan.

Data tentang perencanaan ,pelaksanaan,pengamatan dan repleksi yang penulis dikumpulkan adalah ;data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif adalah;data yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan motivasi belajar di 20 siswa .Sedangkan data kualitatif adalah data yang digunakan untuk mengetahui prestasi hasil belajar dari jumlah 20 siswa .

Adapun data kuantitatif itu meliputi ;
                    1.            Aktivitas siswa dalam dinamika kelompok.
                    2.            Respon positif pada guru.
                    3.            Kerja sama atau siswa dalam kelompok.
                    4.            Komunikasi siswa sesama kelompok.
                    5.            Partisipasi aktif siswa dalam belajar.

Sedangkan data kualitatif meliputi;
                    1.            Rata-rata nilai ulangan harian.
                    2.            Prosentase ketuntasanbelajar.
                    3.            Rata-rata nilai tugas.
                    4.            Prosentase nilai pengumpulan tugas.


KEGIATAN PEMBELAJARAN
Secara umum hasil penelitian tindakan kelasyang berkitan dengan kualitas kegiatan pembelajaran yang meliputi unsur penglolaan kelas dan penglolaan pembelajaran dan juga menunjukkan adanya peningkatan atau cenderung lebih baik.

Dari peningkatan yang terlihatcukup signifikan dalam kegiatan pembelajaran .Dimulai dari siklus1 yangtingkatkegiatan pembelajaran baru mencapai 73,7 persen ,kemudian pada siklus11 tingkat kegiatan pembelajaran siswa mencapai 78,7 persen.Dengan peningkatan tingkat kegiatan pembelajaran tersebut diatas sangat medukung,tercapainya suasana belajaryang kondusip.Akhirnya akan mampu meningkat.




HASIL BELAJAR SISWA
Hasil  penelitian tindakan kelas yang berkaitan denga hasil pembelajaran yang meliputi unsure kebenaran.Hal ini berkaitan erat dengan peningkatan semangat belajar siswa dan peningkatan kegiatan pembelajaran.

Padasiklus1 terdapat 4 orang siswa dari 20 siswa yang belum mendapatnilai 7 .(tuntas,secara komulatif) ,sehingga ketuntasan belajarklasikal baru .. mencapai maksimal ,siswa belum terbiasa dengan menggunakan media pembelajaran yang di sampaikan guru.Begitu pula waktu masih  terlalu cepat sehingga perlu dibenahi pada siklus selanjutnya.

Padasiklus  ke 11 terjadi peningkatan terhadap jumlah belajar siswa yang memenuhi ketuntasan belajarmenjadi 18 orang siswa (78,7%)terjadi sebesar 2,2%.Pada siklus keII ini indicator keberhasilan yang di harapkan .Pada tahap selanjutnya siswa telah bisa menyelesaikan diri dengan media pembelajaran yang di kembangkan oleh guru.


SIMPULAN DAN SARAN
Simpulan
Dari hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat ditarik kesimpulansebagai berikut :peningkatan partisipasi ,dan aktifitasbelajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapatdilakukan dengan menggunakan media pembelajaran .Disamping itu penggunaandengan belajar mengajar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Saran
Agar partisipasi belajar dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS),siswa dapat ditingkakan .Hendaknya siswa lebih berhasil.


DAFTAR PUSTAKA
ASEP HERIY HERMAWAN.DKK 2006 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta Universitas Terbuka
I  G A K .WARDANI.DKK2008 .Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta  Universitas Terbuka.
Moh.UZER USMAN Drs 2002 menjadi Guru Propesional .Bandung
Tim F K I P.2011.Penentapan Kemampuan Propesional.Jakarta .Universitas Terbuka.
SEP HERIY HERMAWAN.DKK 2006 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta .Univwersitas Terbuka.

Tidak ada komentar: